Doa Buka Puasa Ramadhan dan Artinya Bahasa Indonesia

Doa Buka Puasa Ramadhan dan Artinya Bahasa Indonesia | SimakTerus.Com – Sebentar lagi kita umat Islam akan memasuki bulan suci Ramadhan, bulan yang selalu dinanti dan disambut dengan suka cita. Pada bulan ini umat Islam akan berlomba-lomba mengerjakan amal shaleh baik itu ibadah wajib dan sunnah, salah satunya berdoa ketika mau makan. Nah, sebagai pengingat apakah kamu masih hafal doa buka puasa Ramadhan ?

Setiap muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh, dengan tidak makan dan minum dari subuh hingga waktu maghrib tiba. Barulah mereka boleh makan dan minum, namun akan lebih afdol jika kamu mengucapkan doa buka puasa Ramadhan terlebih dahulu. Meskipun sebenarnya kamu bebas mengucapkan doa sesuai dengan bahasa kamu sendiri, minimal dengan mengucapkan basmallah.

Doa Buka Puasa Ramadhan dan Artinya Bahasa Indonesia

Doa Buka Puasa Ramadhan dan Artinya Bahasa Indonesia

Nah, oleh sebab itu kamu juga harus tahu doa buka puasa Ramadhan yang shahih dan artinya bahasa Indonesia. Perlu kamu ketahui juga berdoa ketika berbuka puasa itu juga termasuk doa yang mustajab loh. Seperti diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Tiga doa yang tidak tertolak; (1) Doa pemimpin yang adil; (2) Doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka; (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Ibnu Majah no. 1752, Tirmidzi no. 3595. Hadits ini anggap shahih oleh Ibnu Hibban dalam kitab Shahihnya no. 2408 dan dianggap hasan oleh Ibnu Hajar. Zaadul Ma’ad, 2/50).

Doa berbuka puasa yang sering diamalkan oleh masyarakat di negara berbunyi sebagai berikut.

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْت

“Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan atas rizki-Mu aku berbuka.” (HR. Abu Daud, no. 2358)

Selain doa buka puasa Ramadhan seperti diatas, ada sebagian juga yang berdoa seperti berikut.

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

“Dzahabadh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah)” (HR. Abu Daud no. 2357. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Nah, setelah kamu mengetahui lafal doa buka puasa Ramadhan dan artinya dalam bahasa Indonesia. Kamu juga perlu tahu adab berdoanya.

  • Ketika sudah masuk waktu berbuka, baca basmallah
  • Kemudian silahkan kamu batalkan puasa terlebih dahulu
  • Terakhir baru panjatkan doa buka puasa Ramadhan, sebagai ucapan rasa syukur.

Meskipun ada perbedaan pendapat mengenai kedua doa buka puasa Ramadhan diatas. Namun, sebaiknya kita tidak usah membesar-besarkan masalah perbedaan tersebut. Bahkan sampai menyalahkan orang lain yang berbeda dalam berdoa berbuka puasa. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan semoga amal ibadah kamu di bulan puasa bisa berjalan lancar.

Anda mungkin juga berminat