Hati-Hati, 5 Modus Penipuan Online Terbaru Ini Sekarang Sudah Marak Terjadi

Hati-Hati Modus Penipuan Online Terbaru Ini Sekarang Sudah Marak Terjadi | SimakTerus.Com – Hidup di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, tindak kejahatan seperti penipuan tidak hanya bisa menimpa dengan melalui cara tatap muka saja, melainkan bisa secara online. Yah, dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat ini juga sering dimanfaatkan untuk mencari keuntungan dengan cara tidak halal oleh beberapa orang.

tindak kejahatan seperti penipuan tidak hanya bisa menimpa dengan melalui cara tatap muka saja, melainkan bisa secara online. Yah, dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat ini juga sering dimanfaatkan untuk mencari keuntungan dengan cara tidak halal oleh beberapa orang.

Jika dahulu nya tindak kejahatan penipuan biasanya terjadi karena korban tidak mengetahui informasi yang benar terhadap sesuatu, misalnya ketika membeli suatu barang. Saat ini justru muncul banyak modus penipuan baru secara online yang bisa menimpa siapa saja. Misalnya saja dengan cara mengirimkan SMS yang memberitahukan bahwa kita mendapatkan undian hadiah dari perusahaan tertentu. Dimana terdapat syarat untuk bisa mencairkan hadiah tersebut kita harus mentranfers uang untuk biaya pajak dan juga ongkos kirim dahulu.

Modus Penipuan Online Terbaru Yang Harus Diwaspadai

Bahkan biasanya para pelaku penipuan sering membawa nama brand atau perusahaan yang sudah terkenal. Hal ini supaya lebih mudah dalam mengelabuhi calon korbannya. Selain contoh modus penipuan online terbaru seperti diatas, sekarang ini juga sudah sangat marak modus penipuan lainnya yang juga dilakukan secara online.

Hati-Hati, 5 Modus Penipuan Online Terbaru Ini Sekarang Sudah Marak Terjadi

Berikut selengkapnya modus-modus penipuan online terbaru yang harus kamu ketahui agar bisa selalu waspada dan berhati-hati.

Menjual Barang Murah Dibawah Harga dan Tidak Masuk Akal

Jenis modus penipuan online ini sedang marak ditemukan dan terjadi di tengah masyarakat. Dimana pelaku penipuan akan mempromosikan harga suatu barang atau produk dengan harga jual yang sangat murah. Bahkan jika kita teliti, bisa dikatakan harga yang ditawarkan sangat tidak masuk akal, sebab sangat terlalu murah. Tawaran produk atau barang dengan harga yang sangat murah ini hanya menjadi umpan saja yang digunakan oleh pelaku penipuan. Bahkan tidak hanya menjual dengan harga yang dibawah pasaran saja, biasanya pelaku penipuan juga menggunakan brand ternama dari suatu produk yang mempunyai harga tinggi.

Terkadang para pelaku juga berani mengiklankan produk mereka melalui jejaring media sosial seperti Facebook dan Instagram. Dengan menggunakan akun profil palsu yang sudah terkenal untuk lebih meyakinkan calon korban. Hal ini pastinya sangat berbahaya, terlebih buat para pengguna media sosial yang memang hobi belanja dan mudah terpengaruh promo.

Modus Penipuan Strategi Ponzi

Apakah kamu sudah sering mendengar dan sudah mengetahui istilah strategi ponzi ? Ponzi merupakan salah satu strategi marketing yang sering digunakan menjadi modus penipuan. Strategi Ponzi hampir menyerupai strategi bisnis MLM bodong yang bisa merekrut hingga banyak sekali korban. Karena biasanya mereka akan mengiming-imingi dengan tawaran yang sangat menarik sebelumnya. Cara kerja strategi ponzi yaitu kamu harus bisa merekrut anggota baru barulah kamu akan mendapatkan hadiah.

Bahkan tawaran hadiah yang akan diberikan pelaku penipuan bisa sangat menggoda seperti mobil sampai rumah atau apartemen. Pastinsya dengan tawaran hadiah yang sangat menarik tersebut setiap orang akan mudah diajak. Namun, sebenarnya hadiah-hadiah tersebut hanya omong kosong saja yang tidak akan pernah kamu peroleh. Hal ini karena ini hanya menjadi modus yang dilakukan pelaku penipuan. Jadi, meski kamu sudah berhasil merekrut banyak anggota baru, mereka juga tidak akan pernah memberikan hadiah tersebut.

Modus Penipuan Undian Berhadiah

Pastinya kamu sudah tahu apa itu undian bukan ? dan setiap orang pastinya akan merasa senang jika mendapatkan undian berhadiah. Alasan inilah yang dimanfaatkan oleh pelaku penipuan dengan modus mendapat undian secara online. Modus penipuan online terbaru ini sering dilakukan menggunakan jaringan komunikasi. Biasanya mereka akan mengirim pesan yang memberitahukan jika calon korban memperoleh undian tertentu terkait suatu program dengan hadiah yang besar dan menarik.

Nantinya korban akan diminta mengirimkan biaya pajak, dan ongkos kirim untuk bisa mengambil hadiah tersebut. Namun, biasanya ini hanya menjadi modus saja, biasanya hadiah tidak akan pernah dikirimkan meski kamu sudah mentransfer biaya yang diminta. Jadi kamu jangan mudah percaya dengan modus undian seperti ini.

Modus Penipuan Online Terbaru Dengan Mengedit Bukti Transfer

Buat kamu yang sudah sering melakukan transaksi jual beli secara online, tentunya juga kamu sudah sering melihat dan mengirimkan bukti transfer pembayaran bukan ? Biasanya pengiriman bukti transfer digunakan untuk mengkonfirmasi barang yang akan dibeli. Aktifitas seperti ini umunya digunakan oleh pihak pembeli, jika kamu ada dipihak penjual barang maka kamu harus berhati –hati. Hal ini karena sekarang ini sudah sering terjadi dan banyak beredar di masyarakat modus penipuan dengan cara mengirimkan bukti transfer palsu.

Bukti transaksi pembayaran yang juga berupa struk transfer dari ATM memang seharusnya digunakan sebagai bukti lunas pembayaran. Hal yang sering dilkukan oleh pelaku penipuan, yaitu mereka akan mengedit bukti transfer sedetail mungkin. Dengan begitu kamu sebagai penjual bisa terpedaya. Namun setelah kamu mengirim barang kemudian mengecek mutasi ATM, tidak ada transfer yang dibayarkan. Untuk bisa membedakan bukti transfer palsu dengan bukti transfer asli yaitu ada di logo yang terdapat di struk pembayaran.

Nah sebelum melakukan transfer pembayaran ada baik kamu mengecek nomor rekening tersebut. Apakah nomor rekening tersebut merupakan rekening penipuan atau bukan. Pada artikel sebelumnya kami sudah menjelaskan mengenai cara cek rekening penipu dan melaporkannya yang bisa kamu simak.

Tidak Mengirimkan Nomor Resi atau Nomor Resi Palsu

Modus penipuan online terbaru berikutnya masih diranah transaksi jual beli online. Buat kamu yang sering membeli barang secara online, tentunya kamu sudah akrab dengan istilah nomor resi. Nomor resi merupakan nomor pengiriman barang yang bisa digunakan untuk melakukan tracking barang, apakah sudah dikirim oleh penjual, masih di perjalanan atau sudah mungkin saja sudah sampai. Nomor resi pengiriman selalu diberikan oleh layanan ekspedisi pengiriman barang kepada pihak penjual lalu diinformasikan kembali ke pihak pembeli.

Jika kamu tidak mendapatkan nomor resi dan pihak penjual tidak bisa memberikan bukti pengiriman barang maka kamu perlu berhati-hati. Biasanya hal ini hanya menjadi modus penipuan online terbaru yang sudah sering terjadi di masyarakat. Kamu harus tahu jika nomor resi pengiriman akan selalu diberikan pada saat penjual sudah melakukan pengiriman barang ke alamat kamu. Sudah sewajarnya pihak penjual akan memberitahukan nomor resi tersebut ke pembeli, tidak perlu banyak alasan menunda mengirimkan nomor resi pengiriman kepada pihak pembeli.

Demikian mengenai beberapa modus penipuan online terbaru yang sudah sering terjadi ditengah masyarakat kita. Sudah pasti kamu harus selalu berhati–hati ketika bertransaksi secara online di zaman teknologi informasi yang kian pesat ini. Semakin maju dan berkembangnya teknologi, sudah pasti akan diimbangi dengan tindak kejahatan juga. Selalu teliti dalam melakukan segala sesuatu, apalagi jika kamu belum mengenal baik. Jika memang terlihat mencurigakan, sebaiknya kamu jangan ladenin orang–orang seperti itu.

Anda mungkin juga berminat