2 Cara Mengecek Rekening Penipuan Sebelum Bertransaksi Online

2 Cara Mengecek Rekening Penipuan Sebelum Bertransaksi Online | SimakTerus.Com – Perkembangan teknologi yang semakin modern seperti saat ini pastinya membuat semua aktifitas semakin mudah dan cepat dikerjakan. Termasuk juga kemudahan dalam hal melakukan transaksi keuangan baik itu urusan jual beli atau kegiatan ekonomi lainnya.

Kegiatan seperti belanja secara online juga sekarang ini sudah merupakan aktifitas yang lumrah dan sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Bahkan saat ini tersedia banyak sekali platform toko online yang bermunculan di internet. Baik itu toko online dengan skala perusahaan kecil atau perusahaan besar. Menekuni bisnis toko online juga merupakan solusi atas semakin susah dan sedikitnya lowongan pekerjaan. Jadi buat kamu yang masih pengangguran bisa mencoba untuk menekuni bisnis online dengan membuat toko online loh.

Banyaknya jenis toko online yang ada di internet, tentunya mempunyai sisi yang menguntungkan buat kamu yang suka belanja. Selain transaksi jual beli bisa lebih mudah dan cepat, juga persaingan harga dan stock barang yang beragam. Bahkan tidak jarang beberapa toko online memberikan bonus atau promo, sehingga bisa membuat calon konsumen tertarik untuk melakukan pembelian.

Hal yang harus selalu diingat yaitu kamu tidak boleh tertarik pada iklan promo begitu saja. Sebab terkadang hal ini bisa jadi sebuah modus penipuan, kamu harus selalu berhati-hati. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat ini, pastinya tingkat kejahatan juga akan terus mengikuti. Tindak kejahatan yang sering terjadi pada aktifitas transaksi online seperti jual beli barang yaitu penipuan.

Cara Mengecek Rekening Penipuan Atau Bukan Sebelum Transaksi Online

Melakukan jual beli online sekarang ini memang sudah menjadi hal yang biasa. Bahkan sangat bermanfaat dan membantu, misalnya saja untuk mencari dan membeli barang yang tidak bisa kamu beli di sekitar tempat tinggal kamu. Akan tetapi kamu harus selalu mengutamakan keamanan ketika melakukan transaksi online.

Sebab pada aktifitas belanja online kadang-kadang juga ada pihak yang memanfaatkan kecerobohan calon pembeli dengan melakukan penipuan. Modus penipuan yang sering terjadi dan dilakukan misalnya saja tidak mengirimkan barang dibeli padahal sudah dilakukan pembayaran via tranfer bank. Jadi, pastikan kamu selalu berhati–hati sebelum melakukan tranfer ke rekening tertentu untuk melakukan pembayaran.

2 Cara Mengecek Rekening Penipuan Sebelum Bertransaksi Online

Kamu bisa mengecek rekening penipuan terlebih dahulu apakah benar penipuan atau bukan. Nah, tntuk bisa melakukan cara cek rekening penipu kamu bisa menggunakan website-website dibawah ini.

Cara Cek Rekening Penipu di Kredibel.co.id

Kredibel adalah sebuah website yang bisa kamu gunakan untuk melakukan cek rekening bank. Dengan mengecek nomor rekening bank melalui website ini, kamu bisa mengetahui dan mengidentifikasi, jika rekening bank tersebut penipuan atau bukan.

Website Kredibel mulai beroperasi pada 26 maret 2016 di Serang dan sudah sangat berguna buat banyak masyarakat. Khususnya buat mereka yang memang suka belanja online. Cara mengecek rekening penipuan melalui Kredibel juga sangat mudah, berikut langkah-langkah selengkapnya.

  • Pertama silahkan kamu kunjungi website kredibel.co.id dengan browser favorit di komputer atau smartphone kamu.
  • Jika halaman website sudah tampil, langsung saja klik pada menu Cek rekening.
  • Kemudian masukkan nomor rekening bank yang akan kamu cek, lalu klik Cek.

Maka kamu akan secara langsung bisa melihat informasi mengenai nomor rekening bank tersebut. Jika keterangannya menampilkan hasil yang baik, silahkan kamu bisa melanjutkan tranfer uang pembayarannya. Akan tetapi, jika nomor rekening tersebut menampilkan keterangan pernah melakukan penipuan atau hal negatif lainnya, sebaiknya kamu perlu berhati–hati. Sebab biasanya sudah pernah dilaporkan oleh orang yang mengalami penipuan terhadap rekening bank tersebut di kredibel.

Cara Melaporkan Rekening Penipuan di Kredibel

Selain untuk cara mengecek rekening penipuan, kamu juga bisa melaporkan nomor rekening penipu di Kredibel secara gratis dan mudah. Berikut langkah-langkah cara melaporkan rekening bank penipu di website Kredibel. Jika sebelumnya kamu sudah melakukan cara cek rekening bank penipu dan keterangannya menampilkan informasi yang mencurigakan. Untuk melaporkankannya silahkan kamu masuk ke opsi laporkan rekening.

  • Pertama kamu harus login terlebih dahulu dengan akun yang sudah terdaftar, apabila kamu belum mempunyainya, silahkan registrasi akun terlebih dahulu.
  • Jika sudah berhasil login, kamu harus mengisi semua kolom yang sudah tersedia seperti menuliskan kronologi kejadian, besaran kerugian, nama rekening bank dan juga nomor rekening penipuan tersebut.
  • Selanjutnya klik tombol kirim laporan, silahkan kamu tunggu hingga laporan tersebut di proses oleh kredibel.

Cara Mengecek Rekening Penipuan di Cekrekening.id

Tidak jauh berbeda dengan website diatas, cekrekening.id juga memberikan layanan untuk bisa cek rekening bank secara online. Website Cekrekening.id merupakan layanan yang diberikan oleh pihak kementerian komunikasi dan informatika (KOMINFO). Tidak hanya menyediakan layanan untuk cek rekening bank, Cekrekening.id juga menyediakan fitur untuk melaporkan rekening bank penipu. Dengan begitu bisa mencegah terjadinya kasus penipuan kepada orang lain.

Cara mengecek rekening penipuan melalui Cekrekening.id juga sangat mudah, berikut langkah-langkah selengkapnya.

  • Silakan kamu kunjungi website cekrekening.id menggunakan browser baik di komputer atau smartphone.
  • Nantinya akan tampil sebuah kolom tempat kamu mengisis nomor rekening bank penipuan yang akan di periksa. Terlebih dahulu kamu juga harus memilih nama bank yang sesuai.
  • Jika sudah selesai, silahkan kamu tunggu laporan kamu di proses.

Cara Melaporkan Rekening Penipuan di Cekrekening.id

Nah selanjutnya bagaimana cara melaporkan rekening bank penipuan di Cekrekening.id ?

  • Silakan kamu kunjungi website cekrekening.id menggunakan aplikasi browser favorit kamu.
  • Selanjutnya masuk ke fitur laporkan rekening. Nantinya kamu harus mengisi beberapa kolom yang sudah disediakan.
  • Berikan keterangan yang valid dengan menyertakan bukti baik screenshot struk tranfers atau lainnya.
  • Selanjutnya melakukan verifikasi captcha, lalu klik Submit.
  • Selesai, silahkan kamu tunggu hingga laporan kamu di proses.

Nah, sebenarnya masih ada cara yang lebih aman ketika akan bertransaksi online, khususnya untuk jual beli produk fisik. Disarankan kamu lebih baik menggunakan layanan marketplace terpercaya yang sudah banyak tersedia di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainnya. Marketplace akan menjadi media penengah antara pihak penjual dan calon pembeli.

Selain itu, jika kamu mempunyai produk yang ingin dijual, kamu juga bisa menjualnya secara online melalui marketplace tersebut. Marketplace merupakan tempat jual beli online yang sangat direkomendasikan, keamanan sudah pasti lebih terjamin, variasi produk dan harga juga cukup beragam.

Tips Aman Ketika Transaksi Jual Beli Online

Akan tetapi jika sekarang ini kamu tidak bisa bertransaksi jual beli di marketplace karena suatu alasan. Sehingga kamu haru mentransfer langsung uang ke pihak penjual. Silahkan kamu cek rekening tersebut terlebih dahulu, apakah penipuan atau bukan. Sedikit tips yang perlu dilakukan sebelum melakukan transaksi jual beli online one to one. Periksa dengan seksama informasi penjual seperti identitas, akun sosial medianya, jumlah follower, komentar produknya atau testimoni jika ada.

Demikian mengenai cara mengecek rekening penipuan dan melaporkannya. Dengan melakukan hal diatas ini sebelum kamu bertransaksi jual beli secara online, pastinya bisa mencegah tindak kejahatan penipuan. Selain itu buat kamu yang sudah terlanjur mengalami penipuan secara online, kamu juga bisa melaporkan nomor rekening bank yang digunakan. Sehingga bisa mencegah kasus penipuan terjadi pada orang lain. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan menambawa wawasan kamu dalam bertransaksi jual beli online.

Anda mungkin juga berminat