Tips Membeli Laptop Bekas Secara Online | SimakTerus.Com –

Mau Membeli Laptop Bekas Online ? Perhatikan Hal Ini

Kegiatan jual beli saat ini memang sangat mudah dan bisa dilakukan secara online. Termasuk buat kamu yang ingin membeli laptop melalui internet. Yah, calon pembeli hanya perlu memilih merk dan melihat spek laptop, kemudian mengirim transfer pembayaran.

Namun, tentunya rasa penasaran dan khawatir ketika hendak membeli laptop secara online pasti muncul. Terlebih jika laptop yang hendak kamu beli itu merupakan barang bekas atau second.

Selain kamu tidak bisa mengecek dan melihat secara langsung laptop bekas yang akan dibeli. Terkadang juga bisa muncul praduga apakah penjual tersebut penipu atau bukan. Oh, iya pada postingan sebelumnya kami juga sudah memposting artikel mengenai cara mengecek nomor rekening penipu secara online.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu simak sebelum membeli laptop bekas secara online. Sehingga kamu bisa terhindar dari modus penipuan.

Tanyakan Lokasi Penjual

Ketika kamu sudah menemukan laptop bekas yang sesuai secara online. Hal pertama yang harus kamu tanyakan adalah lokasi alamat penjual. Jadi seandainya memang lokasi kamu dan penjual tidak begitu berjauhan, alangkah baiknya kalian ketemuan saja (COD). Dengan begitu kamu bisa leluasa mengecek kondisi laptop bekas tersebut, apakah masih sesuai dengan yang diucapkan penjual atau tidak.

Hindari transaksi langsung dengan penjual laptop bekas jika memang kamu belum sama sekali mengenal orang tersebut. Alternatifnya sekarang sudah banyak penyedia layanan marketplace pihak ketiga yang bisa kamu gunakan.

Jika kamu akan membeli laptop bekas secara online, sebaiknya mintalah kepada penjual untuk menggunakan layanan pihak ketiga semacam Bukalapak.

Selain itu tanyakan juga kesepakatan batas garansi laptop bekas yang akan kamu beli itu. Apakah bisa dikembalikan atau tidak ? Jika ternyata barang tidak sesuai dengan deskripsi? Sebab kita hanya bisa mengetahui kondisi dengan melihat foto dan deskripsi laptop bekas saja. Bisa jadi ada bagian lain yang tidak diperlihatkan oleh penjual.

Mencari Tahu Harga dan Spesifikasi Laptop

Jangan sampai kamu tergiur dengan harga murah untuk membeli laptop bekas dengan sepsifikasi yang tinggi. Sebaiknya kamu cari tahu terlebih dahulu dengan cara browsing di internet mengenai spek dan harga pasaran laptop tersebut.

Umumnya sebuah barang bekas yang dijual, termasuk laptop biasanya sudah mengalami kerusakan atau cacat. Tanyakan kepada penjual kekurangan apa saja pada laptop bekas tersebut, serta perlu biaya untuk memperbaikinya jika memang ada yang harus diganti. Beberapa komponen yang memang sering dan mudah rusak pada sebuah laptop seperti baterai boros, keyboard, hardisk.

Nah, terus bagaimana sih cara mengecek laptop bekas yang baik sebelum kamu beli.

Cek Baterai dan Charger

Baterai merupakan komponen utama pada laptop yang sangat penting. Baterai laptop yang boros atau sudah soak tentu akan sangat menghambat penggunaan laptop ketika kamu sedang diluar ruangan bukan ? Periksa juga charger dan lakukan test apakah bisa mengisi baterai laptop dengan baik atau tidak.

Periksa LCD dan Keyboard

LCD merupakan komponen laptop dengan harga yang cukup mahal. Periksa apakah kondisi fisik lcd laptop itu baik-baik saja, tidak ada retak, atau pecah. Selain itu lihat dan amati layar laptop ketika dinyalakan, apakah ada dot pixel atau tidak.

Untuk memudahkan kamu ketika mengecek layar lcd, sebaiknya ubah wallpaper laptop dengan menggunakan gambar polos berwarna terang.

Lakukan pengujian atau tes juga dengan melakukan pengetikan untuk memeriksa fungsi dari keyboard dan mouse laptop. Biasanya kondisi keyboard laptop bekas memang cukup keras ketika ditekan, itu sudah lumrah.

Cek Kondisi Hardisk dan Memori

Hal yang perlu kamu periksa juga ketika membeli laptop bekas yaitu adanya virus atau mallware pada OS laptop.